Trip To Jakarta-Bandung Indonesia


1. Hari ini adalah hari terakhir bekerja.. Sedangkan esok dah nak pergi Indonesia. Agak sebuk hari ni dan tak berapa sempat nak buat research pasal trip kali ini. Tak macam yang aku buat semasa nak pergi ke China dulu.. Tapi memandangkan Bandung yang tempatnya kebanyakkan orang Islam. Jadi mungkin dari segi makanan kami tidak akan menghadapi masalah. Lagipun seminggu dua lepas wife aku dah buat beberapa research pasal tempat2 menarik, hotel dan shopping..biasa la.. Dan aku pun dah suruh dia noted kan supaya menjadi panduan masa kat sana nanti.

2. Banyak benda kena prepare sebab nak bercuti ni sebenarnya. Kat opis ni pun kalau aku tinggalkan 2..3 hari macam ni. Byk benda nak kena pesan kat dorang. Mana tahu sepanjang aku bercuti ada benda2 penting yang customer nak. Kebanyakkan benda yang aku buat dorang tak tahu.. Jadi kenalah aku siapkan apa2 yang aku jangkakan perlu semasa aku tak ada nanti. Ingat nak bawak laptop pergi sana. Tapi susah jugak sebab saiz nya besar..nak usung ke sana-sini tu agak berat. Kalau 12" punya laptop sure aku dah usung. Tapi aku rasa kat sana nanti mesti ada cyber cafe. Jadi bolehlah check email apa2 yang patut.

3. Esok perjalanan akan bermula 7pagi. Semalam dah confirm dgn abah aku suruh dia hantar ke LCCT. Flight pukul 9.50am. So dijangkakan tiba di Jakarta sekitar Jam 10.50am. Mungkin akan sampai waktu tempatan 9.50am jugak memandangkan jam di sana lambat sejam. Dari Jakarta aku dan Hubungi Pak Taufik (Tel: 81931201160) yang di rekemenkan oleh sahabat di respek. Dia janji nak sediakan Innova dan harganyapun ok dalam Rp650k berbanding yang wife aku tanya tu mahu Rp700k. Jadi boleh la jimat sikit. Penginapan aku sudah menempah Hotel Karmila. Sekitar harga Rp300K++. Tapi kami akan ke Royal Dago 2 dulu sebab ratenya agak murah sekitar Rp180k.. Tapi masa telefon kami tak dibenarkan booking sebab konsep dia 1st come 1st serve. Jadi tengok la nanti.

4. Yang pasti perjalanan ni pasti agak menarik kerana beberapa persiapan dan dilakukan dengan teliti sekali. Ini termasuk melayari blog2 mereka yg dah pernah ke sana. Peralatan dan dari segi kewangan..sebab kami pergi ke sana sebagai jutawan!! hehe tunggulah nanti..

To be continue..

INFO: Stroke


STROKE:Remember  the 1st Three Letters....S.T.R.   

A neurologist says that if he can get to a stroke  victim within 3 hours he can totally reverse the effects of a  stroke...totally. He said the trick was getting a stroke  recognized, diagnosed, and then getting the patient medically cared for  within 3 hours, which is tough. 

RECOGNIZING A STROKE 

Thank  God for the sense to remember the '3' steps, STR . Read and  Learn! 

Sometimes symptoms of a stroke are difficult to identify.  Unfortunately, the lack of awareness spells disaster. The stroke victim  may suffer severe brain damage when people nearby fail to recognize the  symptoms of a stroke. 

Now doctors say a bystander can recognize a  stroke by asking three simple questions: 

S  *Ask the  individual to SMILE. 
T  *Ask the  person to TALK and SPEAK A SIMPLE SENTENCE (Coherently) 
      (i.e. It is  sunny out today) 
R  *Ask him or  her to RAISE BOTH ARMS. 

If he  or she has trouble with ANY ONE of these tasks, call emergency number  immediately and describe the symptoms to the  dispatcher. 

New  Sign of a Stroke -------- Stick out Your Tongue 

NOTE :  Another 'sign' of a stroke is this: Ask the person to 'stick' out his  tongue.. If the tongue is 'crooked', if it goes to one side or the  other, that is also  an indication of a stroke. 

A  cardiologist says if everyone who gets this e-mail sends it to 10  people; you can bet that at least one life will be saved.   

I  have done my part. Will you?

Resource: Hazlan@respek

How to Lock Files and Folders without any Software

Each one of us must have tried many softwares for locking their private files and folders. Few must have bought a licensed copy of one while others are better of using a free version. However, you can achieve the same level of privacy without any software.


The trick which I am going to tell here will make a virtual folder by the name "Locker" where you can put as many files and folders you want and after locking, this "Locker" folder will disappear.


Here is step-by-step guide to achieve that.

1. Copy the following text file which contains the program code:-

cls
@ECHO OFF
title Folder Locker
if EXIST "Control Panel.{21EC2020- 3AEA-1069- A2DD-08002B30309 D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure u want to Lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020- 3AEA-1069- A2DD-08002B30309 D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020- 3AEA-1069- A2DD-08002B30309 D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to Unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%==type your password here goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020- 3AEA-1069- A2DD-08002B30309 D}"
ren "Control Panel.{21EC2020- 3AEA-1069- A2DD-08002B30309 D}" Locker
echo Folder Unlocked

successfully
goto
End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End
:End
2. Paste the above code in notepad or create a new text document by right clicking on your desktop and selecting New->Text Document.



3. Replace "type your password here" with your password in the code you just pasted on the notepad. DON'T FORGET THIS.

4. Save the above file as BATCH file (by extension .bat). Choose any filename but make sure that it ends with .bat

(Open My Computer. Goto Tools -> Folder Options -> View. Scroll down and UNCHECK Hide extensions for known file types. Now rename your file with .bat extension)

5. Now you can see a MS-DOS BATCH file you just created. See the picture below:-


6. Double click on it to create a new foldernamed "Locker".

7. Now put all files and folders you want to protect in to this new folder "Locker".

8. Double click that BATCH file again to lock the folder "Locker". It will disappear as soon as it gets locked.

9. If you want to unlock that folder, double click the BATCH file again. You will be prompted for the password, enter the correct password and that folder "Locker" will then be appear which is easily accessible by you.



That's it. You are done. You have just learnt how to protect your important files and folders without any software

Resource: Salmah Pivi @ Respek

Fungsi Hidung (The Nose)


Our noses have left and right nostrils. Are these nostrils having the same function for inhaling (breathe in) and exhaling (breathe out)?

我們有左邊、右邊鼻孔,吸氣、吐氣時有沒有一樣?
Kita memiliki hidung berlubang disebelah kiri dan disebelah kanan, apakah fungsinya sama untuk menghirup dan memghembuskan nafas?

Actually it's not the same and we can feel the difference. Accordingly, the right side represents the sun and the left side represents the moon.

其實不一樣,可以感覺不一樣;右邊等於是太陽的意思,左邊等於是月亮.
Sebenarnya fungsinya tidak sama dan dapat kita rasakan perbezaannya; sebelah kanan mewakili matahari (mengeluarkan haba) dan sebelah kiri mewakili bulan ( mengeluarkan sejuk).

When having headache, try to close your right nostril and use your left nostril to do breathing for about 5 min. The headache will be gone.

平常頭痛時可以用手把右邊鼻孔關起來,只用左邊鼻孔吸氣、吐氣,約五分鐘,頭痛就好了。
Jika sakit kepala, cubalah menutup lubang hidung sebelah kanan dan bernafaslah melalui hidung sebelah kiri dan lakukan kira-kira 5 menit, sakit kepala akan sembuh.

If you feel too tired, do it the opposite way. Close your left nostril and breathe through your right nostril. After a while, you will feel refresh again.

如果疲倦、累了,相反的關 起左邊的鼻孔,只用右邊吸氣、吐氣,不用多久,馬上精神好起了。 Jika Anda merasa lelah / penat, lakukan berselang-seli. Tutup lubang hidung sebelah kiri dan bernafaslah melalui hidung sebelah kanan. Tak lama kemudian, Anda akan merasakan segar kembali.

Because the right side belongs to heat, so it gets hot easily. The left side gets cold easily.

因為右邊屬於火氣,比較會熱,左邊比較會涼。
Sebab lubang hidung sebelah kanan mengeluarkan haba, sehingga terasa sekali haba, Lubang hidung sebelah kiri mengeluarkan sejuk..

Women breathe mainly with their left nostril, so they get calm down easily

女生大部分吸氣、吐氣在左邊,所以心比較會涼快。
Perempuan bernafas lebih dengan hidung sebelah kiri, sehingga hatinya terasa sekali sejuk.

Men breathe mostly with their right nostril, so they get angry easily.

男生大部分吸氣、吐氣在右邊,所以他們比較會生氣。
Laki-laki bernafas lebih dengan hidung sebelah kanan, sehingga terasa sekali habanya.

When we wake up, do we notice which nostril breathes faster? Is it the left side or the right side?

我們起床時,可以注意哪邊吸氣、吐氣比較快?左邊或右邊?
Apakah Anda ada memperhatikan pada saat bangun, lubang hidung sebelah mana yang bernafas lebih cepat ? Sebelah kiri atau kanan ?

If the left nostril breathes faster, you will feel very tired. Close your left nostril and use your right nostril for breathing and you will get refresh quickly.

如果左邊比較快,覺得提不起精神,可以關起左邊鼻孔,用右邊呼吸,很快的精神會好起來。
Jika lubang hidung sebelah kiri bernafas lebih cepat, Anda akan merasa sangat lelah /penat. Tutuplah lubang hidung sebelah kiri dan gunakan lubang hidung sebelah kanan untuk bernafas, Anda akan merasa segar kembali dengan cepat.

You can teach your kids about it. The effect of breathing therapy is much better for adults.

這也可以教給小孩,大人用更好。如果你有警覺心的話,速度更快。
Cara tersebut boleh diajarkan kepada anak-anak, tetapi efeknya akan lebih baik diterapkan kepada orang dewasa.

I used to have painful headache. When consulted a doctor, he told me jokingly," You will be all right if you get married!" The doctor did not bullshit me as he had his theory and supported with testimony.

以前我曾經頭痛,痛得非常厲害,去看醫生,醫生說 "你去結婚就好了!" 醫生說得沒錯,他有理論根據。
Saya biasanya merasakan sakit kepala, dan rasanya tidak terperi. Kemudian saya berubat dan doktor mengatakan ,"Anda akan sembuh jika berumah tangga!" Doktor itu tidak berbicara kosong. Apa yang dia sampaikan didukung dengan teori dan kesaksian.

During that time, I used to have headache every night and I was not able to study. I took medicine but I was not cured.

當時每天晚上都頭痛,沒有辦法看書,有吃藥,也不是辦法。
Pada saat itu, setiap malam saya merasakan sakit kepala dan tidak dapat belajar. Saya makan ubat, tetapi tidak dapat sembuh..

One night as I sat down to medidate, I closed my right nostril and breathed with my left nostril. In less than a week, it seemed that my headache problem had left me! I continued doing it for about a month and since then there was no recurrence of headache in me.

有一天晚上靜坐,關起右鼻孔呼吸,這樣子做,不到一個禮拜,頭痛好了!持續做了一個月,從那天晚上到現在,一次也沒有頭痛過。
Pada suatu malam. saya duduk bersendirian dan menutup lubang hidung sebelah kanan dan bernafas dengan lubang hidung sebelah kiri. Dalam kurang dari satu minggu, sakit kepala saya sembuh. Saya teruskan melakukannya selama 1 bulan, sejak malam itu sampai sekarang , sakit kepala saya tidak kembali lagi.

This is my own experience I used to tell others who also suffer headache to try this method as it was effective for me. It also works for those who have tried as well. This is a natural therapy, unlike taking medicines for a long time may have side effect. So, why don't you try it out?

這是我自己親身經驗過,每一次我告訴別人,你們頭痛的話,試試看,因為我的身體有效果,很多人試過也有效果。這是一種自然的處理,不像吃藥會有副作用,為什麼不用呢?
Ini adalah yang saya alami sendiri. Saya beritahukan kepada orang lain, jika sakit kepala, anda boleh mencuba cara tersebut, sebab sangat efektif buat saya. Banyak orang pun telah mencoba dan berhasil. Ini adalah terapi alami, tidak seperti memakan ubat dalam jangka panjang akan ada efek sampingnya. Jadi kenapa Anda tidak mencubanya ?

Practice the correct ways of breathing (breathe in and breathe out) and your body will be in a very relaxing condition.

經常清楚的吸氣、吐氣,身體會覺非常輕鬆。
Selalulah mecuba terapi perrnafasan ini, tubuh Anda akan merasa sangat tenang sekali (rileks).

Resource: Yazs@respek

Selaput Dara


Jenis selaput dara berdasarkan bentuknya. Dari kiri ke kanan : Annular, Septate, Cibriform, Introitus
SETIAP manusia memang dilahirkan berbeda. Perbedaan itu tampak nyata dan mudah ditemukan dari banyak hal, mulai dari jenis kelamin, wajah, hingga hal-hal yang tersembunyi sekalipun.  

Berbicara mengenai perbedaan dari hal tersembunyi, organ reproduksi adalah salah satu di antaranya. Pria dan wanita jelas berbeda  baik dari bentuk dan fungsi organ reproduksinya.  Pada wanita, perbedaan itu pun masih dapat dilihat hingga ke salah satu bagian luar dari organ genital yakni selaput dara. 

Rasanya, masih sangat kental dalam budaya masyarakat kita bahwa selaput dara adalah salah satu penanda keperawanan atau virginitas seorang wanita. Yang patut disayangkan, kesalahan serta kurangnya informasi akurat mengenai bagian organ genital wanita ini masih sering terjadi dan kerap kali merugikan posisi para Kaum Hawa.

Salah satu informasi yang sering keliru atau bahkan tak banyak orang tahu adalah bentuk selaput dara wanita yang tidak seragam atau sama bentuknya. Dengan mengetahui fakta bahwa bentuk selaput dara bervariasi diharapkan dapat mengubah persepsi serta meluruskan anggapan yang salah tentang organ kewanitaan ini.
 
Seperti dituturkan pakar Obstetrik Ginekologi  dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr  Suryono Slamet Iman Santoso, SpOG, selaput dara wanita memang berlainan dan memiliki lubang atau pori yang bentuknya bervariasi.  Derajat kelembutan dan fleksibilitas selaput yang juga disebut "hymen" ini pun berbeda-beda.

"Selaput dara ini mempunyai banyak bentuk, mulai dari bentuk annular, ada yang bersepta-septa dan ada  juga yang cibriformis atau berlubang-lubang.  Karena bentuknya selaput, pendarahan pada bagian ini biasanya sedikit.  Nah, inilah yang biasa suka mengeluarkan darah  saat melakukan seks pertama. Tapi belum tentu semua wanita akan begitu," ungkap dr Suryono dalam talkshow"Seksualitas di Indonesia : Tabu atau Perlu?" di Jakarta, Kamis  (10/7) lalu . 

Dokter yang juga menjabat Ketua Perkumpulan Obstetrik Ginekologi Indonesia (POGI) ini  menjelaskan, bila seorang wanita memiliki bentuk selaput annular yang wujudnya sangat tipis, maka kemungkinan besar ia tidak akan mengalami pendarahan sama sekali pada saat hubungan seks pertamakali. Dengan fakta ini pula, sebagian dari mitos tentang darah keperawanan sebenarnya dapat diluruskan. 

Selain jenis yang tipis dan berlubang, ada pula wanita yang bagian selaputnya tidak memiliki lubang sama sekali atau juga disebut "impervorate hymen".  Jenis ini adalah suatu kelainan genetika dan seorang wanita biasanya akan kesulitan saat memasuki masa menstruasi.   

"Ini adalah kelainan kongenital atau bawaan sejak lahir. Akibatnya seorang wanita tidak menstruasi dalam jangka waktu lama, padahal ia sebenarnya haid tapi darahnya tertahan di dalam vagina dan bisa menimbulkan tumor.  Angka kejadiannya di Indonesia cukup banyak ," ungkap dr Suryono.    

Setelah seorang perempuan mengalami menstruasi yang pertama kali, lubang pada selaput dara dapat bertambah lebar.  Namun yang pasti, setelah robek atau terkoyak selaput dara tidak dapat dikembalikan menjadi utuh seperti semula.

Dr Suryono menekankan meskipun ada dokter ahli yang mengklaim dapat  memulihan atau memperbaiki selaput dara, hal itu sebenarnya dilakukan demi memulihkan truma mental dan psikologis pasien saja.

"Karena sangat tipis dan tidak ada pembuluh darahnya, selaput dara tidak bisa direpair. Jadi tak bisa dikembalikan lagi menjadi perawan," ujarnya.

Kalaupun dilakukan tindakan operasi, kata Dr Suryono, tentu selaput daranya tidak diperbaiki.  Dokter biasanya hanya melakukan tindakan seperlunya hanya untuk meyakinkan dan mengembalikan kepercayaan diri pasien. 

"Sebetulnya bila semua orang sudah memiliki pemahaman tentang selaput dara, operasi memang sama sekali tidak diperlukan," tandasnya.

Tipe Hymen berdasarkan bentuk :
Annular hymen; selaput melingkari lubang vagina.

Septate hymen; selaput yang ditandai dengan beberapa lubang yang terbuka.

Cibriform hymen; selaput ini juga ditandai beberapa lubang yang terbuka, tapi lebih kecil clan jumlahnya lebih banyak.

Introitus : Pada perempuan yang sangat berpengalaman dalam berhubungan seksual, bisa saja lubang selaputnya membesar. Namun masih menyisakan jaringan selaput dara.


Sumber: Asep Candra

You'll NEVER look at petai in the after same way again!


Petai contains three natural sugars -sucrose, fructose and glucose. Combined with fiber, petai gives an instant, sustained and substantial boost of energy. Research has proved that just two servings of petai provide enough energy for a strenuous 90-minute wor kout. No wonder   petai is the number one fruit with the world's leading athletes. But energy isn't the only way petai can help us keep fit. It can also help overcome or prevent a substantial number of illnesses and conditions, making it a must to add to our daily diet.   
Depression:   
According to a recent survey undertaken by MIND among people suffering from depression, many felt much better after eating petai. This is because petai contain tryptophan, a type of protein that the body converts into serotonin, known to make you relax, improve your mood and generally make you feel happier. 

PMS(premenstrual syndrome):   
Forget the pills - eat petai. The vitamin B6 it contains regulates blood glucose levels, which can affect your mood. 

Anaemia:   
High in iron, petai can stimulate the production of haemoglobin in the blood and so helps in cases of anaemia. 

Blood Pressure:   
This unique tropical fruit is extremely high in potassium yet low in salt, making it perfect to beat blood pressure. So much so, the US Food and Drug Administration has just allowed the petai industry to make official claims for the fruit's ability to reduce the risk of blood pressure and stroke. 

Brain Power :   
200 students at a Twickenham (Middlesex) school were helped through their exams this year by eating petai at breakfast, break, and lunch in a bid to boost their brain power. Research has shown that the potassium-packed fruit can assist learning by making pupils more alert. 

Constipation  
High in fiber, including petai in the diet can help restore normal bowel action, helping to overcome the problem without resorting to laxatives. 
Hangovers:   
One of the quickest ways of curing a hangover is to make a petai milkshake, sweetened with honey. The petai calms the stomach and, with the help of the honey, builds up depletedblood sugar levels, while the milk soothes and re-hydrates your system.

Heartburn:   
Petai has a natural antacid effect in the body, so if you suffer from heartburn, try eating petai for soothing relief. 

Morning Sickness    Snacking on petai between meals helps to keep blood sugar levels up and avoid morning sickness. 

Mosquito bites   : 
Before reaching for the insect bite cream, try rubbing the affected area with the inside of the petai skin. Many people find it amazingly successful at reducing swelling and irritation. 

Nerves:   
Petai is high in B vitamins that help calm the nervous system. 

Overweight:   
Studies at the  xml:namespace prefix = st1 ns = 'urn:schemas- microsoft- com:office: smarttags' /> Institute ofPsychology in Austria found pressure at work leads to gorging on comfort food like chocolate and crisps. Looking at 5,000 hospital patients, researchers found the most obese were more likely to be in high-pressure jobs. The report c oncluded that, to avoid panic-induced food cravings, we need to control our blood sugar levels by snacking on high carbohydrate foodsevery two hours to keep levels steady.     

Ulcers:   
Petai is used as the dietary food against intestinal disorders because of its soft texture and smoothness. It is the only raw fruit that can be eaten without distress in over-chronicler cases. It also neutralizes over-acidity and reduces irritation by coating the lining of the stomach. 

Temperature control  : 
Many other cultures see petai as a 'cooling' fruit that can lower both the physical and emotional temperature of expectant mothers. In  Holland, for example, pregnant women eat petai to ensure their baby is born with a cool   temperature. 

Seasonal Affective Disorder (SAD) :   
Petai can help SAD sufferers because they contain the natural mood enhancer, tryptophan. 

Smoking:   
Petai can also help people trying to give up smoking. The B6, B12 they contain, as well as the potassium and magnesium found in them, help the body recover from the effects ofnicotine withdrawal  

Stress:   
Potassium is a vital mineral, which helps normalize the heartbeat, sends oxygen to the brain and regulates your body's water balance. When we are stressed, our metabolic rate rises, thereby reducing our potassium levels. These can be rebalanced with the help of a high-potassium petai snack. 


Strokes:   
According to research in 'The New England Journal of Medicine, ' eating petai as part of a regular diet can cut the risk of death by strokes by as much as 40%'. 

Warts:   
Those keen on natural alternatives swear that if you want to kill off a wart, take a piece of petai and place it on the wart. Carefully hold the petai in place with a plaster or surgical tape! 

So, as you can see, petai really is anatural remedy for many ills. When you compare it to an apple, it has four times the protein, twice the carbohydrates, three times the phosphorus, five times the vitamin A and iron, and twice the other vitamins and minerals. It is also rich in potassium and is one of the best value foods around. So maybe its time to change that well-known phrase so that we say, 'A Petai a day keeps the doctor away'.

Sumber: Fiz@erachatters

6 kesilapan pasangan berkahwin

IKATAN perkahwinan merupakan kemuncak perhubungan bagi sepasang kekasih. Namun, melayari bahtera rumah tangga banyak cabaran dan cubaan terutama ketika proses mencari kesesuaian bagi dua individu berbeza untuk hidup di bawah satu bumbung yang sama.

Justeru tidak hairanlah apabila pasangan baru berumahtangga cenderung melakukan kesilapan yang kadang kala boleh merosakkan kemanisan hidup bersama.

Berikut beberapa kesilapan yang kerap dilakukan oleh pasangan baru berkahwin.

Kesilapan 1: Tidak menguruskan hutang

Memang bunyinya tidak romantik, tetapi hakikat ini tidak boleh ditolak. Banyak perkara membabitkan kewangan perlu ditangani pada tahun pertama perkahwinan terutama jika berhajat untuk membeli rumah dalam tempoh beberapa tahun lagi. Wang antara yang kerap menjadi punca pergaduhan dalam rumahtangga (sehingga membawa perceraian). Jadi mengurus kewangan dengan cara bijak adalah antara perkara utama.

Apa yang perlu dilakukan: Berterus-terang antara satu sama lain mengenai hutang-hutang peribadi yang ada, kerana baik atau buruk anda sudah berkahwin. Langkah bijak jika anda mula membentuk pelan kewangan keluarga untuk masa depan

Kesilapan 2: Menyingkirkan kawan

Kawan adalah asas kepada kejayaan kepada sebuah perkahwinan, jadi anda masih memerlukan mereka.

Apa yang perlu dilakukan: Jelaskan pada kawan-kawan anda bahawa mereka juga penting dalam hidup anda. Undang mereka ke rumah atau sesekali keluar bersama mereka (tanpa pasangan anda) dan jadikan ia satu kelaziman walaupun jadual harian anda ketat.

Kesilapan 3: Tiada kepuasan seks

Seks juga amat penting dalam mewujudkan sebuah perkahwinan yang bahagia. Bagaimanapun melalui kajian lebih 60% pasangan yang baru kahwin sudah menghadapi masalah ini.

Apa yang perlu dilakukan: Berusaha mencetuskan keghairahan walaupun ada berasa tidak berminat. Jadikan seks satu kelaziman dan lebih kerap melakukannya anda mungkin akan lebih menyukainya.

Berbincang tentang perkara ini dengan pasangan anda. Hadapi isu ini sekarang dan berasa selesa bercakap mengenainya dengan suami atau isteri. Jangan memandang remeh tentang soal keintiman.

Kesilapan 4: Tidak lagi menjaga soal penampilan diri kerana sudah selesa

Ini termasuk membiarkan berat badan terus meningkat. Pasangan baru kahwin cenderung untuk naik berat badan bermula dari tempoh bulan madu lagi dan tidak berusaha untuk memberi perhatian terhadapnya. Bagi mereka, mengapa perlu risau kerana sudah menemui pasangan hidup.

Apa perlu dilakukan : Buat rancangan bersama-sama pasangan anda untuk kembali cergas. Saling memberi motivasi, memuji dan bukan mengkritik

Kesilapan 5: Bergaduh secara tidak adil

Apabila sudah berkahwin tidak bermakna anda boleh bertindak melulu. Perselisihan faham mudah berlaku, tetapi tidak harus menyimpan dendam. Percaya atau tidak bahawa peraturan untuk 'bergaduh' dengan adil memang ada.

Apa yang perlu dibuat : Jika berasa marah, lebih elok keluar rumah seketika untuk meredakan perasaan. Dalam keadaan marah, seseorang mungkin tidak boleh berfikir dengan betul dan cenderung mengeluarkan kata-kata atau melakukan perubatan yang akan dikesali kemudian hari. Ambil langkah berbaik-baik.

Kesilapan 6: Menjadi terlalu obses dengan langkah seterusnya - anak

Pasangan baru kahwin boleh menjadi terlalu obses tentang soal anak sehingga mereka terlupa untuk menikmati apa yang mereka ada sekarang.

Apa yang perlu dilakukan: Fokus terhadap hubungan yang sedia ada. Nikmati kebahagiaan yang sedia ada bersama-sama. Nikmati saat-saat indah sebelum anda perlu bangun 4 pagi untuk menyusukan anak.

Buat perancangan supaya anda lebih bersedia terutama dari segi masa yang sesuai untuk menimang cahaya mata. Ini dapat mengelak anda daripada terlalu obses.

Sumber : Utusan

Waspadai 10 Perubahan Perilaku dan Tubuh Anda


Pernah merasakan ada yang aneh dengan tubuh Anda?
Hati-hati, bisa saja itu adalah tanda2 awal penyakit yang akan muncul dalam tubuh namun tidak Anda sadari.

Berikut ini adalah 10 Perubahan Perilaku Tubuh yang merupakan sinyal tubuh Anda akan adanya ancaman kesehatan.

Segera periksakan diri Anda ke dokter, sebelum menjadi lebih parah :

 

1. BERAT BADAN TURUN :

Jika Anda mengalami penurunan berat :
a. 5 % dalam 1 bulan terakhir; atau
b. 10% dalam 6 bulan terakhir

Sementara saat itu Anda sedang tidak melakukan diet, hal itu kemungkinan adalah gejala timbulnya thyroid overaktif (hyperthyroidism) , depresi, sakit lever, gangguan syaraf, kurang gizi, atau gejala kanker pencernaan.

2. DEMAM TINGGI :

Wajar Anda mengalami demam jika sedang melakukan per awatan kesehatan seperti kemoterapi atau imunisasi.
Tapi jika Anda mengalami demam tinggi (di atas 38 derajat) lebih dari 3 hari, segera periksa ke dokter.
Anda mungkin saja menderita gejala Deman Berdarah atau Cikungunya.
Bisa pula karena ada infeksi, terutama pada saluran urinal (kencing).

3. NAFAS TIBA-TIBA MEMENDEK :

Anda tiba-tiba susah bernafas, padahal tidak melakukan apa-apa. Itu bisa merupakan pertanda adanya bronchitis, asma, jantung, pneumonia, gangguan paru-paru, dan hipertensi.

4. BUANG AIR BESAR YANG TIDAK WAJAR :

Segera periksakan tubuh Anda jika Anda buang air besar :
a. Lebih dari 5 kali dalam 24 jam terakhir, dan telah terjadi lebih dari 2 hari.
b. Tidak terlalu sering buang air, tapi diare setengah padat, dan telah terjadi selama semunggu.
c. Kontipelasi tapi tidak ada keinginan untuk buang air selama seminggu terakhir.
d. Ada perasaan gak jelas untuk buang air besar, tapi tidak keluar-keluar.
e. Diare berdarah.
f.  Diare dengan feses berwarna hitam / kehijauan-hijauan.

Biasanya buang air dengan kondisi tidak wajar menunjukkan adanya infeksi bakteri pada usus yang
disebabkan bakteri salmorella, campylobacter, parasit, cacing, atau infeksi lainnya. Bahkan beberapa kasus tertentu, hal ini adalah tanda awal dari kanker pencernaan.

5. PERUBAHAN MENTAL / PERILAKU :

Segera lakukan evaluasi kesehatan ke dokter jika Anda merasa :
a. Tidak mampu mencerna pembicaraan orang (bingung)
b. Tiba-tiba lupa
c. Emosi mendadak.
d. Berhalusinasi, seolah baru bertemu dengan orang yang sudah lama tidak Anda temui.

Perubahan perilaku ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada kepala (akibat benturan), gejala awal stoke, rendahnya tekanan darah, turunnya gula darah, atau efek samping dari obat (terutama yang mengandung morfin).

6. SAKIT KEPALA TIBA-TIBA :

Untuk Anda yang berusia di atas 50 tahun, mungkin pernah mengalami sakit kepala yang tiba-tiba,
disertai telinga berdengung, demam, sakit leher, gatal-gatal, pandangan kabur, beberapa bagian tubuh kesemutan, mati rasa di beberapa bagian tubuh, lidah kelu, dan sulit bicara. Hal ini adalah gejala lanjutan dari stroke, dan gejala-gejala awal dari arteritis, meningitis, tumor otak, aneurysm, atau pendarahan pada otak (akibat benturan / tabrakan).

7. BUTA SESAAT DAN / ATAU SULIT MENGONTROL GERAKAN :

Tiba-tiba pandangan Anda mengabur atau “buta” sesaat, gerakan tidak terkontrol, dan ngomongpun tidak jelas?
Itu pun gejala awal stroke atau bipalsy (gangguan pada syaraf wajah).

Biasanya hal ini diikuti dengan :
a. Mati rasa di wajah. Jika stroke,  maka salah satu bagian tangan dan lengan pun ikut mati rasa.
b. Sulit berbicara dan / atau sulit memahami ucapan orang lain.
c. Sakit kepala sebelah.
d. Tubuh kehilangan keseimbangan

8. KILATAN CAHAYA PADA MATA :

Jika pandangan Anda tiba-tiba terasa silau, itu gangguan pada refleksi mata. Periksakan mata Anda, dan jangan kemudikan kendaraan.

9. KENYANG PADAHAL BARU MAKAN SEDIKIT :

Terlalu cepat merasa kenyang, padahal baru makan sedikit, itu adalah indikasi gangguan pada pencernaan.
Beberapa kasus menunjukkan gejala itu sebagai  tanda awal kanker saluran pencernaan, ovarian, dan pangkreas (biasanya diikuti dengan muntah-muntah selama 1 minggu).

10. TENGGOROKAN TERASA PANAS DAN TIDAK ENAK SAAT MENELAN :

Itu tanda-tanda awal gangguan tenggorokan dan flu. Minumlah air hangat, vitamin C, dan istirahat. Jika tenggorokan masih juga tidak enak, segera ke dokter atau minum obat flu dosis rendah.

Sumber: Respek

Digital clock - DWR